Kamis, 21 Juli 2011

Nubuat Tentang Mesias


1. Nubuat :Mikha 5:1
1.Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.



Penggenapan :

Mat 2:1-6
1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem
2 dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."
3 Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem.
4 Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.
5 Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:
6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."



Nubuatan diatas serta penggenapannya ,tidak mungkin merupakan rekayasa manusia.
Banyak orang yang mengatakan dan percaya bahwa Alkitab telah diubah dan direkayasa oleh manusia. Namun nubuatan diatas serta penggenapannya merupakan salah satu bukti bahwa nubuatan tentang Mesias tidak direkayasa oleh manusia.

Kitab Mikha berada di dalam Perjanjian Lama (PL) yang merupakan bagian dari kitab suci orang yahudi(Yudaisme). jadi disini jelas, tidak mungkin ada rekayasa,:

    1.umat Kristiani tidak mungkin bisa merekayasa hal tsb, karena jika umat Kristiani merekayasa nubuatan tsb maka, tentu orang yahudi(Yudaisme) akan memprotes akan hal tsb, karena tidak sesuai dengan kitab suci mereka. 2.orang yahudi (agama yahudi / Yudaisme) tidak mungkin merekayasa hal tsb karena mereka tidak percaya / mengimani bahwa Yesus adalah mesias yg selama ini ditunggu-tunggu. Dan sama sekali tidak memiliki kepentingan untuk merekayasa hal tsb.

Kemudian mengenai penggenapannya yg ditulis di Mat 2:1-6, juga tidak mungkin direkayasa.

    1.mengenai tempat kelahiran Yesus, tidak mungkin umat Kristiani merekayasa agar Yesus lahir di Betlehem sehingga bisa menggenapi nubuatan Nabi Mikha di Perjanjian Lama. 2.Sejarah membuktikan hal tsb. 3.jika Matius merekayasa hal tsb , maka ia tidak mungkin rela mati demi kebohongan yg ia buat sendiri. Dan tentu ia akan mendapat kritik dari orang2 sejamannya yg menjadi saksi2 pada era tsb.

Jadi hal ini jelas bukan merupakan rekayasa manusia, melainkan Rencana Allah yang Kekal mengenai Mesias, dimana telah dinubuatkan oleh Nabi Mikha dan digenapi oleh Yesus Kristus.

2.Nubuat : Yes 53:1-12
1 Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar, dan kepada siapakah tangan kekuasaan TUHAN dinyatakan?
2 Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.
3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.
4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.
7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.
8 Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.
9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.
10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.
11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.
12 Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak



Ayat2 diatas adalah Nubuatan tentang penyaliban Yesus Kristus, mari kita telaah satu persatu:

    a.Nubuat : Yes 53: 4-5,10-12 4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah. 5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh. 10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya. 11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul. 12 Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak. Dari ayat2 ini kita mengetahui bahwa mesias akan menanggung dosa banyak orang(ayat 12), menanggung penyakit kita dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, (ayat 4), dirinya sebagai korban penebus salah(ayat 10) dan mendatangkan keselamatan bagi kita (ayat 5), membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul(ayat 11). Penggenapan : Mat 16:21 Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga. Mat 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa. Mrk 14:24 Dan Ia berkata kepada mereka: "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang. Ayat2 diatas adalah Nubuatan dari Yesus sendiri mengenai penderitaan, kematian-Nya diatas kayu salib serta menyatakan tujuan dari kematian dan kebangkitan-Nya tsb. Hal ini sekaligus mengkonfirmasi bahwa nubuatan dari Nabi Yesaya digenapi oleh Yesus Kristus. Atau dengan kata lain , Yesus ingin menyatakan bahwa yg dinubuatkan oleh Nabi Yesaya adalah tentang Diri-Nya, dan Yesus menggenapi hal tsb dgn kematian-Nya diatas kayu salib. Jadi bukan rekayasa umat Kristiani atau teori dari umat Kristiani yg menyatakan bahwa Mesias akan menebus dosa banyak orang. Karena mengenai hal ini telah dinubuatkan oleh Nabi Yesaya sekitar 700 thn sebelum Yesus lahir.
    b.Nubuat : Yes 53:7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya
    Penggenapan : Mat 27:14 Tetapi Ia tidak menjawab suatu katapun, sehingga wali negeri itu sangat heran. Mrk 14:60-61 60 Maka Imam Besar bangkit berdiri di tengah-tengah sidang dan bertanya kepada Yesus, katanya: "Tidakkah Engkau memberi jawab atas tuduhan-tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?" 61 Tetapi Ia tetap diam dan tidak menjawab apa-apa. Imam Besar itu bertanya kepada-Nya sekali lagi, katanya: "Apakah Engkau Mesias, Anak dari Yang Terpuji?" Ayat2 diatas menggenapi Yes 53:7, dimana Yesus tidak melawan pada saat dihakimi, namun Ia tetap diam. c.Nubuatan : Yes 53:2-3,7 2 Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya. 3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan. 7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya
    Penggenapan : Mat 27:30-31 30 Mereka meludahi-Nya dan mengambil buluh itu dan memukulkannya ke kepala-Nya. 31 Sesudah mengolok-olokkan Dia mereka menanggalkan jubah itu dari pada-Nya dan mengenakan pula pakaian-Nya kepada-Nya. Kemudian mereka membawa Dia ke luar untuk disalibkan. Mat 27:41-43 41 Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama ahli-ahli Taurat dan tua-tua mengolok-olokkan Dia dan mereka berkata: 42 "Orang lain Ia selamatkan, tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Ia selamatkan! Ia Raja Israel? Baiklah Ia turun dari salib itu dan kami akan percaya kepada-Nya. 43 Ia menaruh harapan-Nya pada Allah: baiklah Allah menyelamatkan Dia, jikalau Allah berkenan kepada-Nya! Karena Ia telah berkata: Aku adalah Anak Allah." Mrk 15;19-20 19 Mereka memukul kepala-Nya dengan buluh, dan meludahi-Nya dan berlutut menyembah-Nya. 20 Sesudah mengolok-olokkan Dia mereka menanggalkan jubah ungu itu dari pada-Nya dan mengenakan pula pakaian-Nya kepada-Nya. Kemudian Yesus dibawa ke luar untuk disalibkan. Ayat2 diatas adalah penggenapan nubuatan Yesaya tentang penghinaan dan penganiayaan terhadap Mesias yaitu Yesus.  d.Nubuatan :  Yes 53:9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya. Penggenapan : Mat 27:38-39 38 Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang di sebelah kanan dan seorang di sebelah kiri-Nya. 39 Orang-orang yang lewat di sana menghujat Dia dan sambil menggelengkan kepala, Mrk 15: 27-28 27 Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang di sebelah kanan-Nya dan seorang di sebelah kiri-Nya. 28 (Demikian genaplah nas Alkitab yang berbunyi: "Ia akan terhitung di antara orang-orang durhaka.") Luk 23:32-33 32 Dan ada juga digiring dua orang lain, yaitu dua penjahat untuk dihukum mati bersama-sama dengan Dia. 33 Ketika mereka sampai di tempat yang bernama Tengkorak, mereka menyalibkan Yesus di situ dan juga kedua orang penjahat itu, yang seorang di sebelah kanan-Nya dan yang lain di sebelah kiri-Nya. Ayat2 diatas penggenapan atas nubuatan tentang mesias yg akan mati diantara 2 penjahat. Jelas penggenapan atas nubuatan ini tidak bisa direkayasa oleh umat Kristiani. Atau dengan kata lain umat Kristiani tidak mungkin merekayasa sehingga Yesus disalibkan diantara 2 penjahat. Hal ini terjadi hanya karena FirmanNya harus tergenapi. e.Nubuatan : Yes 53:12 Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak. Penggenapan : Luk 23:34 Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya. Ayat diatas adalah penggenapan mengenai mesias yg berdoa bagi pemberontak-pemberontak.



Dari sini saja kita bisa melihat bahwa dari nubuatan Yesaya pasal 53 kita mendapatkan banyak hal yg digenapi oleh Yesus. Dan hal ini menunjukkan bahwa Yesus adalah Mesias yg dinubuatkan oleh nabi-nabi.

Di dalam Buku "Who made GOD?" Ravi Zacharias mengutip perkataan Norman Geisler yang menunjukkan bahwa Kitab Yesaya 53:2-12 saja sudah menubuatkan dua belas aspek dari kesengsaraan Kristus, yang semuanya tergenapi di dalam Diri Yesus Kristus. kedua belas aspek tersebut antara lain :

    1.ia akan ditolak 2.menjadi orang yang berdukacita 3.hidup menderita 4.dipandang rendah oleh orang 5.menanggung duka kita 6.disesah dan dikenakan penderitaan oleh Allah 7.dipaku demi pelanggaran kita 8.terluka karena dosa-dosa kita 9.akan menderita seperti seekor domba 10.akan mati dengan penjahat 11.akan tidak berdosa 12.dan akan berdoa bagi orang lain.
    3.Nubuat : Mazmur 69:22 … dan pada waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam
    Penggenapan : Mat 27:48 Dan segeralah datang seorang dari mereka; ia mengambil bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam, lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum. Mrk 15:36 Maka datanglah seorang dengan bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum serta berkata: "Baiklah kita tunggu dan melihat apakah Elia datang untuk menurunkan Dia." Luk 23:36 Juga prajurit-prajurit mengolok-olokkan Dia; mereka mengunjukkan anggur asam kepada-Nya Yoh 19:28-29 28 Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia—supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci—:"Aku haus!" 29 Di situ ada suatu bekas penuh anggur asam. Maka mereka mencucukkan bunga karang, yang telah dicelupkan dalam anggur asam, pada sebatang hisop lalu mengunjukkannya ke mulut Yesus. Ayat2 diatas penggenapan mengenai Mesias yg “haus” dan diberikan minum ” anggur asam”  
    4.Nubuat Bilangan 9:12 Janganlah mereka meninggalkan sebagian dari padanya sampai pagi, dan satu tulangpun tidak boleh dipatahkan mereka. Menurut segala ketetapan Paskah haruslah mereka merayakannya. Maz 34:21 Ia melindungi segala tulangnya, tidak satupun yang patah.
    Penggenapan: Yoh 19:32-37 32 Maka datanglah prajurit-prajurit lalu mematahkan kaki orang yang pertama dan kaki orang yang lain yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus; 33 tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya, 34 tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air. 35 Dan orang yang melihat hal itu sendiri yang memberikan kesaksian ini dan kesaksiannya benar, dan ia tahu, bahwa ia mengatakan kebenaran, supaya kamu juga percaya. 36 Sebab hal itu terjadi, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci: "Tidak ada tulang-Nya yang akan dipatahkan." 37 Dan ada pula nas yang mengatakan: "Mereka akan memandang kepada Dia yang telah mereka tikam." Ayat2 diatas adalah penggenapan bahwa Yesus adalah “Anak Domba Paskah”, dan “Tidak ada tulang-Nya yang akan dipatahkan." Hal ini pun tidak dapat direkayasa oleh umat Kristiani, semua terjadi sesuai dgn Firman-Nya, karena tidak mungkin umat Kristiani dapat menentukan agar tidak ada Tulang Yesus yg dipatahkan spt yg terjadi diatas kayu salib, semuanya itu dilakukan oleh orang kafir (prajurit Romawi) dan segala sesuatunya sesuai dengan Nubuatan dan rencana Allah yg kekal. 5.Nubuat : Mazmur 22:19 Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku.  Penggenapan:  Mat 27:35 Sesudah menyalibkan Dia mereka membagi-bagi pakaian-Nya dengan membuang undi. Mrk 15:24 Kemudian mereka menyalibkan Dia, lalu mereka membagi pakaian-Nya dengan membuang undi atasnya untuk menentukan bagian masing-masing. Luk 23:34 Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya. Yoh 19:24 Karena itu mereka berkata seorang kepada yang lain: "Janganlah kita membaginya menjadi beberapa potong, tetapi baiklah kita membuang undi untuk menentukan siapa yang mendapatnya." Demikianlah hendaknya supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci: "Mereka membagi-bagi pakaian-Ku di antara mereka dan mereka membuang undi atas jubah-Ku." Hal itu telah dilakukan prajurit-prajurit itu. Ayat2 diatas adalah penggenapan tentang mesias, dimana "Mereka membagi-bagi pakaian-Ku di antara mereka dan mereka membuang undi atas jubah-Ku." Hal ini pun tidak dapat direkayasa oleh umat Kristiani, semua terjadi sesuai dgn Firman-Nya, dan semuanya ini dilakukan oleh orang kafir (prajurit Romawi)
      6.Nubuat Yesaya 7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.
       Penggenapan: Mat 1:23 "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" —yang berarti: Allah menyertai kita. Ayat2 diatas adalah penggenapan tentang Mesias yg dilahirkan dari seorang perawan (Maria), dan Anak tersebut akan dinamakan Imanuel" —yang berarti: Allah menyertai kita. Hal ini adalah mujizat dari Allah yang tidak mungkin direkayasa oleh manusia.
      7.Nubuatan : Kej 12:1-3 1 Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; 2 Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. 3 Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat." Kej 22:18 Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku." Penggenapan : Mat 1:1 Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. Ayat2 diatas adalah penggenapan tentang silsilah Mesias yg merupakan garis keturunan dari Abraham. Hal ini pun tidak bisa direkayasa, karena seorang manusia tidak mungkin bisa menentukan sendiri silsilahnya  
      8.Nubuatan : Kej 49:10 Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa. Penggenapan : Matius 1:2-16 2 Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, 3 Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, 4 Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, 5 Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, 6 Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria, 7 Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa, 8 Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia, 9 Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia, 10 Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia, 11 Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel. 12 Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel, 13 Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor, 14 Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim, Akhim memperanakkan Eliud, 15 Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, 16 Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus. Matius 2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel." Ayat2 diatas adalah penggenapan tentang Mesias, dimana Mesias akan berasal dari suku Yehuda. Hal ini pun tidak bisa direkayasa, sama halnya seperti silsilah, seorang manusia pun tidak bisa menentukan sendiri ,ia ingin dilahirkan sebagai suku yg diinginkannya. Melainkan segala sesuatunya sesuai dgn Kehendak-Nya.
    9.Nubuatan : 2 Sam 7:12-16 12 Apabila umurmu sudah genap dan engkau telah mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangmu, maka Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, anak kandungmu, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya. 13 Dialah yang akan mendirikan rumah bagi nama-Ku dan Aku akan mengokohkan takhta kerajaannya untuk selama-lamanya. 14 Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anak-Ku. Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia. 15 Tetapi kasih setia-Ku tidak akan hilang dari padanya, seperti yang Kuhilangkan dari pada Saul, yang telah Kujauhkan dari hadapanmu. 16 Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan-Ku, takhtamu akan kokoh untuk selama-lamanya."
    Penggenapan : Mat 1:1 Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham Ayat2 diatas adalah penggenapan tentang silsilah Mesias yg merupakan garis keturunan dari Keluarga Daud. Hal ini pun tidak bisa direkayasa, karena seorang manusia tidak mungkin bisa menentukan sendiri silsilahnya
    10.Nubuatan : Yes 40:3 Ada suara yang berseru-seru: "Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!
    Penggenapan : Mat 3:3 Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: "Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya." Mrk 1:3 ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya", Ayat2 diatas merupakan penggenapan mengenai Nabi Yohanes Pembaptis yg merupakan “suara orang yang berseru-seru di padang gurun”, yg mempersiapkan jalan utk Tuhan yaitu Yesus Kristus. Oleh karena itu Yohanes pembaptis melakukan pelayanan terlebih dahulu dan mempersiapkan jalan bagi-Nya, dan pada saat sampai waktunya ia memperkenalkan Yesus sbg “Anak Domba Allah”. Hal ini pun bukan rekayasa umat Kristiani, karena Nabi Yohanes Pembaptis sendiri yg menyatakan hal tsb dan mengenai hal ini pun telah dinubuatkan sebelumnya oleh Nabi Yesaya , dan dari ayat diatas dengan jelas dikatakan bahwa Nabi Yohanes Pembaptis mempersiapkan jalan bagi Tuhan. Siapakah “Tuhan” yg dimaksud oleh Yohanes Pembaptis?? Jawabannya adalah Yesus Kristus. Dalam artikel di atas ,saya hanya menuliskan 10  nubuatan tentang Mesias. namun dalam blog http://www.sarapanpagi.org/nubuat-tentang-mesias-vt3245.html  di sana di jelaskan ada 50 nubuatan. Namun Ravi Zacharias di dalam Bukunya “Who Made GOD?” , mencatat bahwa Perjanjian Lama (PL) memuat banyak Nubuatan mengenai datangnya Sang Mesias. Dan dikatakan bahwa Barton Payne’s Encyclopedia of Biblical Prophency mendaftarkan 191 Nubuatan tersebut. Bahkan sarjana Oxford mencatat 400. Jadi kita bisa bayangkan ,jika semua nubuatan tersebut mengacu kepada satu orang yaitu Yesus Kristus, maka sudah pasti Yesus adalah Sang Mesias (Sang Juruselamat). Jadi dengan semakin banyaknya nubuatan tentang Mesias maka hal ini semakin memperkecil atau menutup kemungkinan bahwa Sang Mesias adalah orang lain, selain Yesus. Sebenarnya dengan 2 nubuatan saja, sudah dapat membuktikan bahwa Yesus adalah Sang Mesias, kedua nubuatan tersebut adalah :  1. Mikha 5:1 1.Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.  2. Yesaya 7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel Yang Pertama menubuatkan bahwa Sang Mesias akan lahir di Betlehem. Dan yang kedua Sang Mesias akan dilahirkan oleh seorang Perawan. Dengan kedua nubuatan ini saja sudah memperkecil kemungkinan bahwa Sang Mesias adalah orang lain selain Yesus Kristus. Apalagi jika ditambah dengan nubuatan dari Nabi Yesaya di Yes 53. maka sudah dapat dipastikan bahwa Yesus adalah Sang Mesias. Oleh karena itu dengan semakin banyaknya nubuatan tentang Mesias dan semuanya digenapi oleh Yesus maka hal tersebut menutup kemungkinan bahwa Sang Mesias adalah orang lain selain Yesus. Dan benarlah, apa yang dinyatakan oleh Rasul Petrus berikut ini,  Kisah 4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." Dari ayat diatas Rasul Petrus dengan tegas dan penuh dengan Roh Kudus menyatakan bahwa keselamatan hanya didapat melalui Yesus Kristus dan bukan orang lain. Setelah membaca nubuatan2 tentang Mesias dan semuanya digenapi oleh Yesus. Masihkah kita mengeraskan hati untuk tidak menerima Yesus sebagai Juruselamat kita secara pribadi?? jika kita tetap mengeraskan hati maka itu hanya membuat kita menjadi bagian dari orang2 yg dinubuatkan oleh Nabi Yesaya, Yes 6:9-10 9 Kemudian firman-Nya: "Pergilah, dan katakanlah kepada bangsa ini: Dengarlah sungguh-sungguh, tetapi mengerti: jangan! Lihatlah sungguh-sungguh, tetapi menanggap: jangan! 10 Buatlah hati bangsa ini keras dan buatlah telinganya berat mendengar dan buatlah matanya melekat tertutup, supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik dan menjadi sembuh." Mrk 4:12 supaya: Sekalipun melihat, mereka tidak menanggap, sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti, supaya mereka jangan berbalik dan mendapat ampun." Bagaimana dengan anda, apakah anda masih mengandalkan diri sendiri untuk keselamatan anda? Apakah anda masih menunggu atau mengandalkan orang lain selain Yesus bagi keselamatan anda?? Apakah Yesus menggenapi nubuatan2 tsb secara kebetulan? Professor Peter Stone (ketua Westmon College divisi ilmu pengetahuan pd th 1950-an) menjawab mengenai hal ini sbb: Ia mendapatkan estimasi terbaik bekerjasama dgn 600 muridnya, mengenai probabilitas matematika terhadap seseorang yang hidup sampai zaman sekarang ini , dan dapat menggenapi delapan nubuatan PB dalam diri orang tersebut. Stoner mendapatkan kemungkinan yg ada adalah satu berbanding seratus juta miliar, dan ini hanya untuk menggenapi 8 nubuatan saja . Ini sama dgn jumlah satu keramik berukuran setengah inchi persegi yg digunakan utk menutupi seluruh daratan bumi ini. Jadi anda bisa bayangkan sendiri nilai probabilitas matematika untuk menggenapi semua nubuatan-nubuatan tentang Mesias yg ada di dalam Alkitab yg mungkin digenapi oleh seseorang yang hidup sampai zaman sekarang ini. Apakah Yesus secara sengaja menggenapi nubuatan2 itu? Seandainya saja Yesus bukan Sang Mesias dan Ia hanya seorang manusia biasa maka Walaupun Yesus dapat saja atau mungkin saja mengatur hidupnya untuk menggenapi nubuatan2 tertentu, namun banyak dari nubuatan-nubuatan tersebut yg akan sulit dan di luar kemampuannya(manusia biasa) untuk mengontrol, seperti :
      1.tempat kelahirannya
      2.keturunan nenek moyangnya 3.pengkhianatan terhadap dirinya yg ditukar dgn 30 keping perak 4.metode kematiannya 5.kakinya yg tetap tidak terpatahkan di atas kayu salib 6.dan para serdadu yg membuang undi terhadap pakaiannya, dll.
    Hal tersebut diatas hanya bisa terjadi / tergenapi, karena Yesus adalah sungguh2 Sang Mesias dan Ia adalah Allah yang memegang kendali / control, sehingga Ia dapat menggenapi seluruh nubuatan dan rencana Allah yang kekal sesuai dengan Kehendak-Nya.
     Apakah para penulis kitab2 Injil mengarang detil2 yg ada?  Banyak pengkritik yg menyatakan bahwa Injil telah diubah atau tidak sesuai dgn yg sebenarnya terjadi. Namun Louis Lapides (seorang Yahudi yg kemudian menjadi seorang Kristen setelah mempelajari nubuatan2 di Alkitab) menyatakan bahwa “Ketika kitab2 Injil beredar, ada banyak sekali saksi2 / orang2 yg masih hidup ketika semuanya itu terjadi(kisah2 yg ditulis di dalam Alkitab). Oleh karena itu , jika para penulis mengarang detail-detail yang ada di dalam Alkitab maka seseorang pasti akan mengatakan kepada penulis kitab2 Injil, ‘Tahukah anda bahwa hal itu tidak terjadi demikian seperti yg anda tulis. Dan anda harus memperbaiki apa yang anda tulis sesuai dengan kejadian yang sebenarnya. Karena kita sedang mencoba utk mengkomunikasikan sebuah hidup yg penuh dgn kebenaran, jadi jgn mengotorinya dgn sebuah kebohongan.” Dan Lapides pun memberikan argumentasinya sbb: mengapa penulis kitab2 Injil ingin mengarang-ngarang cerita utk menggenapi nubuatan2 yg ada dan kemudian secara sukarela membuat dirinya mati karena mengikuti seseorang yg mereka tahu bukan benar2 Sang Mesias? Dan terlebih lagi, walaupun Talmud mengacu kpd Yesus secara kasar, Talmud sendiri tidak pernah menyatakan bahwa penggenapan nubuatan2 itu salah.  Apakah Yesus hanya seorang Guru Moral yang Agung? Apakah Yesus hanya seorang Nabi? Apakah Yesus adalah allah yg lebih rendah atau allah yang dicipta? Jawab: Yesus bukan hanya seorang Guru Moral yang Agung dan Yesus bukan hanya seorang Nabi dan Yesus juga bukan allah yg lebih rendah atau allah yang dicipta, namun Yesus lebih daripada itu semua karena Yesus adalah pribadi kedua dari Allah TriTunggal yaitu Allah Yang Maha Tinggi. Yang ada dari kekal sampai kekal (Ia adalah Alpha dan Omega)  ref: Who Made God by :Ravi Zacharias

Tidak ada komentar:

Posting Komentar